• RUANG KELUARGA
  • Sedekah Jempol Dulu Yuk!

    Cara Blokir Pencuri WIFI

    Saat menikmati WiFi dari ponsel android dan mulai terasa lambat pada koneksi internet maka ini harus diwaspadai.

    Ya, Anda patut curiga pada orang disekitar. Bisa jadi ada yang menggunakan jaringan WiFi Anda tanpa izin. Ternyata password tidak menjamin kemanan sebuah jaringan WiFi, ini masih bisa ditembus. Ada cara sederhana dan mudah memblokir pengganggu ini.

    Melalui penggunaan aplikasi android yang tersedia di Google play kita bisa melihat siapa yang jadi benalu di jaringan WiFi. Aplikasi network tools Fing bersifat gratisan, segera setelah didownload langsung install dan aktifkan.

    Pada bagian atas interface Fing akan terlihat nama network Anda, refresh dan menu setting. Kini tinggal melakukan ketuk tombol refresh, selanjutnya kini bisa lihat perangkat-perangkat yang berjalan di network WiFi Anda, apakah mereka (semua perangkat) tersebut smartphone maupun PC.

    Aplikasi Fing untuk android ini juga punya fitur seperti mengirim laporan, mengecek open TCP ports dan yang terpopuler dari fitur di dalam Fing adalah kemampuanya mengubah nama IP yang terlihat dan ini akan memperlihatkan siapa saja dan siapa penumpang gelap di dalam aplikasi. Sekali ketahuan maka yang perlu dilakukan adalah klik saja si penumpang gelap dan di bagian atas akan tampak –enter a name- Masukanlah nama baru untuk IP address, misalnya tulis maling WiFi.

    Saat mengetahui posisi perangkat si penumpang gelap maka bisa dilakukan akses terhadap informasi NAT dan MAC dan megkoneksi ke router agar bisa memblokir tamu yang tidak di undang mengakses WiFi di waktu yang akan datang.

    Untuk memblok perangkat asing yang menerobos menjadi penumpang gelap caranya pada desktop PC Anda masukan alamat IP di browser lalu ia akan meminta kata sandi dan user name router anda. Jika Anda tidak merubahnya maka akan ditentukan di dalam perangkat.

    Sekarang Anda perlu otentifikasi. Halaman router Anda akan muncul menunjukan menu, masuk ke tab security dan masukan kata sandi baru (Ingatlah untuk terkoneksi ke WiFi melalui smartphone atau PC harus memasukan kata sandi ini).

    Dapat juga dilakukan pemblokiran akses untuk perangkat lain secara keseluruhan. Pada aplikasi Fing akan terlihat informasi dari perangkat Anda yang terkoneksi. Tuliskam alamat MAC Anda pada secarik kertas (atau beberapa alamat MAC yang ada, tergantung berapa bayak perangkat yang telah Anda sambung)

    Carilah opsi block devices pada halaman konfigurasi di komputer Anda. Di bagian Access Control, Anda dapat menyaring MAC (satu atau lebih) yang telah anda catat tadi. Ini akan memblokir alamat penyerang lain yang mencoba untuk menyusup. Ingat bahwa jika Anda memilih opsi ini tidak ada orang lain akan dapat terhubung ke WiFi anda tanpa mematikan opsi Access Control.
    ===========================================================================
    Sumber : arenaponsel.com
    (Repost)

    Berdasarkan Label:

    Napak Tilas

    iNuPEDIA merupakan warung online yang informatif. Karena selain menjajakan produk tertentu, iNuPEDIA juga menyajikan ragam informasi bermanfaat yang berasal dari sumber terpercaya dan akurat. Melalui media ini... >> Baca Lanjutannya.

    Jangan Sungkan Bercuap-cuap...

    Buatlah Aku Tau Atas Apa Yang Kau Tau. Dan Pun Sebaliknya.

    JANGAN SUNGKAN

    Menu :

    Ikuti iNuPEDIA = Anda Dapat 1 Follower